Panduan Biaya Dak Rumah Lengkap untuk Lantai Baru Hunian Anda

Bagi sebagian besar orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah corak bukan? Ini merupakan salah satu bagian vital yang harus ada pada saat membangun sebuah.

Mengenal Tentang Dag Rumah

Hunian tanpa adanya dak rumah akan terlihat menarik karena langsung berhadapan dengan atap. Ini akan membantu dalam membuat rumah nampak lebih cantik dan estetik.

Pada saat ini terdapat berbagai macam jenis dak rumah. Mulai yang terbuat dari beton hingga semen atau bahan lainnya. Akan tetapi yang banyak peminatnya adalah dak beton karena dianggap lebih kuat dan lebih bagus penampakannya ketika diaplikasikan pada sebuah hunian. Tentu saja hal ini menjadi salah satu kelebihan dari penggunaan dak beton maka tidak heran banyak orang yang menggunakannya.

Dak rumah adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sekat antar lantai atas dan bawah. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pengganti atap di samping penggunaan genteng. Salah satu yang sering dipakai adalah dak beton.

Ini biasanya diterapkan pada rumah berlantai. Keberadaan dak ini sangat penting karena bisa menyokong bangunan serta membuat suasana hunian menjadi lebih adem. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan berbagai ornamen untuk mempercantik tampilannya.

Biaya Penggunaan Dak Beton untuk Hunian

Harga beton memang relatif lebih mahal dibanding bahan lainnya. Harga tersebut akan tergantung dengan jenis beton yang digunakan. Jenisnya terdiri dari K225 hingga K600, dari Rp 820.000 hingga Rp 1.200.000 per meternya.

Biaya tersebut masih harus ditambah biaya pengangkutan dan juga bahan bangunan tambahan lainnya. Namun dengan sifatnya yang sangat kuat, tidak perlu khawatir akan kualitas yang didapatkan.

Jika diibaratkan dengan pepatah, maka meskipun badai menerjang pun tidak akan goyah. Orang yang tinggal di dalam rumah pun akan merasa nyaman. Hal ini dikarenakan beton dapat mudah menyerap sinar matahari sehingga udara tetap sejuk.

Referensi Selain Dak Beton untuk Hunian

Jika menggunakan dak beton dirasa terlalu mahal, maka ada beberapa jenis lain yang bisa digunakan sebagai alternatif. Hal ini tentu memudahkan masyarakat yang ingin menambah lantai pada huniannya. Berikut ini ada beberapa referensi jenis cor Dak yang recommended untuk rumahan yaitu :

  1. Cor Dak Bangunan dengan Material Bondek

Bondek merupakan material yang terbuat dari gabungan seng dan alumunium. Kelebihannya antara lain tahan dengan api dan sudah banyak digunakan dalam konstruksi. Harga per lembarnya berkisar kurang lebih Rp 550.000.

Kemudian akan ditambah dengan biaya material lain seperti semen, batu split, pasir beton, upah tukang dan yang lainnya. Meskipun masih cukup tinggi, tetapi tetap jauh lebih murah dibanding dak dengan cor beton.

  1. Cor Dak Bangunan dengan Material Dak Keraton

Alternatif lain adalah cor dak keraton. Penggunaan dak keraton terbilang lebih efisien karena kualitasnya cukup bagus dan lebih murah. Tidak hanya itu, pemasangannya pun lebih mudah dan juga lebih cepat.

Untuk harga dak keraton per bijinya kurang lebih 10 ribu rupiah saja. Kemudian ditambah dengan besi berbagai ukuran, pasir, semen, bendrat, upah tukang dan yang lainnya.

Demikian beberapa harga untuk cor rumah dengan berbagai bahan berkualitas. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan juga budget yang tersedia. Pastikan menggunakan tukang berkualitas agar hasil memuaskan.

Apabila Anda ingin memiliki sebuah rumah idaman maka dapat menggunakan cor dak untuk melengkapi hunian. Ini akan membuat penampilan semakin menarik dan cantik serta dapat dikombinasikan dengan berbagai macam ornamen tertentu.